Selasa, Maret 11, 2008

RC Valve NSR



Honda NSR 150 merupakan satu2nya motor pertama keluaran PT AHM yang memberikan berbagai fitur teknologi tetinggi dimasanya diantaranya RC VALVE. Namun perlu diketahui bahwa dengan adanya keunggulan fitur ini sering menjadi penyebab bengkel2 umum ataupun bengkel resmi sekalipun tidak berani melakukan perbaikan mesin pada motor ini. Alasannya adalah dikhawatirkan ada kesalahan penyetelan pada katup RC Valve setelah pembongkaran, yang tentunya akan berakibat kerusakan pada komponen mahal ini. Padahal sesungguhnya mudah merawat NSR jika kita paham apa itu RC Valve. Berikut penjelasannya :

Fungsi RC Valve

Fungsi dari RC Valve sendiri adalah untuk mengontrol luas area lubang buang agar didapatkan power yang maksimal disemua area rpm.Mengapa bisa begitu?

Pada mesin 2 tak ada berbagai cara yang sering dilakukan oleh mekanik untuk meningkatkan performa mesin tersebut, yang paling lazim adalah merubah tinggi lubang buang (Meninggikannya), namun ada beberapa konsekuensi yang harus dibayar yaitu :

1 Semakin tinggi lubang buang berarti luas area / penampang lubang buang semakin besar, efek yang ditimbulkan :

a Power semakin baik pada putaran atas tetapi cenderung lemah diputaran bawah

b Karena putaran bawah menjadi kurang bertenaga untuk pemakaian sehari2/normal motor menjadi tidak nyaman dikendarai dan bahan bakar menjadi boros.

2 Semakin rendah lubang buang berarti luas area / penampang lubang buang semakin kecil, efek yang ditimbulkan :

a Power semakin baik pada putaran bawah tapi buruk pada putaran atas

b Motor tidak mampu untuk digunakan pada keperluan balap (Hanya untuk sehari2)

Berangkat dari prinsip itu pabrikan membuat suatu sistem katup pada lubang buang mesin2 2tak modern yang memungkinkan perubahan area luasan / penampang lubang buang pada setiap rpm.

Pada mesin Honda dikenal dengan istilah RC Valve, Yamaha YPVS, Kawasaki KIPS dll, dimana prinsipnya sama hanya bentuknya yang berbeda.

Cara Kerja RC Valve

Berbeda dengan KIPS yang di gerakkan oleh sistem mekanis, RC Valve bekerja dengan sistem Elektrik, sehingga butuh perawatan lebih hati2 agar performanya bisa terjaga. (lihat skema diatas)

Keterangan :

----- Komponen RC Valve

____ Jalur arus elektrik

Dari skema bisa kita lihat bahwa kerja komponen RC Valve (Servo motor & RC Control) berhubungan dengan komponen elektrik lainnya seperti CDI dan kiprok, sehingga kesehatan CDI dan Kiprok juga dipengaruhi oleh komponen2 RC Valve.


Apa efeknya jika NSR tanpa RC Valve?

1 Jika RC Valve di sett pada posisi H (terbuka penuh) maka :

a Power semakin baik pada putaran atas tetapi cenderung lemah diputaran bawah

b Bahan bakar menjadi boros.

(Menurut informasi dari beberapa konsumen saya, NSR yang kondisi mesinnya sehat dengan RC Valve mampu menghasilkan perbandingan 1liter : 35 km, sementara NSR tanpa RC Valve hanya mampu 1 liter : 10-13 km, tentunya dengan kondisi pemakaian normal di perkotaan/jakarta)

c Lontaran tenaga dari mesin tidak periodik tetapi secara tiba2 mengakibatkan daya yang diterima komponen mesin lainnya pun secara tiba2 pula hal ini tentunya memperpendek usia mesin.

2 Jika RC Valve di sett pada posisi L (menutup penuh) maka :

a Power motor baik di putaran 0 – 5000 rpm tetapi buruk di atas 5000 rpm.

b Akan terjadi deposit kerak yang berlebih pada katup lubang buang yg membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak (Blok & Piston bisa baret)

3 Jika RC Valve di sett pada posisi tengah maka :

a Power motor baik di rentang putaran menengah

b Akan terjadi deposit kerak yang berlebih pada katup lubang buang yg membahayakan piston jika tumpukan kerak sudah terlalu banyak (Blok & Piston bisa baret)

Bagaimana merawat RC Valve?

Walaupun bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan ada baiknya kita merawat komponen satu ini karena harganya yang mahal (sekitar 2 juta/set) dan sudah menjadi rahasia umum bahwa para peminat NSR di Indonesia skg ini sudah banyak yang menyadari bahwa RC Valve adalah komponen yang harus ada di NSR terlebih fungsinya yang vital (baca : Apa efeknya jika NSR tanpa RC Valve?) sehingga bisa dipastikan harga jual NSR akan jatuh jika komponen ini tidak ada (rusak).

Berikut perawatan RC Valve :

1 Pastikan kondisi part2 elektrik pendukung RC Valve dalam kondisi oke (Lihat : Cara Kerja RC Valve)

terutama : Aki, CDI dan kiprok. Untuk CDI dan kiprok harus yang orisinil.

2 Pastikan kerja buka tutup RC valve tdk terhambat (lumasi kawat2 pada servo motor s/d blok)

3 Bersihkan kerak yang menumpuk pada katup lb buang jika terjadi penumpukan berlebih.

4 Sesuaikan posisi stelan pada cakram RC valve di blok dengan pulley pada Servo motor

5 Jika RC Valve pernah kebakar dan sudah diperbaiki pastikan gerakan servo tidak berhenti2 ditengah2 H & L, gerakan harus lancar dan kecepatan putar pulley nya pun harus sesuai dengan bawaan pabriknya serta gerak pulley tidak bergetar2,jika hal ini terjadi kemungkinan arus listrik yg keluar/masuk bebeda dari yang seharusnya maka khawatir umur dan kinerja RC Valve & komponen pendukung elektrik lainnya (CDI & kiprok) akan terpengaruh.

Semoga informasi ini berguna dan pertahankan eksistensi motor ini.

10 komentar:

ulfi.umroni mengatakan...

jujur aja pak,aku ndak tau mesin,jd ngliat tulisan anda pastilah top cer!
any way,aku beli nsr 96 1mgg ini,mema sih barangnya ancur.aku memang niat nyicil ngrumatnya! dan kerusakan yg a dapat
1. stang sekernya rusak
2. sekernya jg
3. ndak ada akinya
4. pistonnya jg kena.
lha aku cari sparepartnya di surabaya ndak ada!
kl abang punya yg bekas tp msh bgs bs dipake, kira2 harganya masing2 berapa kl bekas?kl baru berapa?biaya kirim?
trus abang tau bengkel yg bs ngurusi nsrku di wilayah surabaya?alamat dan telpnya?

bengkel-online mengatakan...

Barang sudah sampai ya pak? bengkel di surabaya saya gak tau pak coba tanya sama komunitas NSR disana

Hans mengatakan...

bos, type aki untuk nsr rc valve itu apa....???

dan berapa harganya....???

klo nukar cdi yg sudah pernah di bongkar bagaimana caranya pak...??

Daniel mengatakan...

bos gw ganti lampu nsr rr gw tahun 2001. beberapa hari kemudian nsr gw mati lampunya 1.jadi kaya bajak laut de nsr gw.pertama yang kanan yang kiri idup lalu yang kiri mati kanan idup.rada sarap kek na nsr gw. trus kalo gw bawa kebut motor gw, kadang sekringnya leleh. mohon bantuannya ya om.thx b4

ksatria_bontot mengatakan...

nyari headlamp nsr 1set dmn y...??? di jogja kaga' ad...

Dhien's Kalteng mengatakan...

tank mas adi gir water pumpnya uda nyampei kalimantan, tadinya motor nsr kesayanganku itu mo kujual aja karna onderdilnya susah....tapi kayaknya ngga jadi...

Abu Hadid mengatakan...

NSR kawanku gak ketolong lagi. Payah padahal masih berdiri. Dahh maales dia kayanya.

BIRO JASA STNK mengatakan...

up

rahmat afandi mengatakan...

aku bara saja dpt nsr r thn 95 dr tmenQ.sbnrnya ini mtor udh lama nganggur,lbh dr 1thn ga dihidupkan sma sX.
ak mnta saran donk,apa aja yg harus aku cek.
klo kata tmenQ (pemilik sblmnya),mesin msh normal,cm karbu yg sdh ga normal. Tp td udh ak bwa k bengkel,udh bs hidup mtornya.tp ak tkut ada krusakan d komponen lain,krna memang slma 1th lbh motor ini ga pernah dinyalain sma sX.
Sblumnya,saya ucpkan trimakasih..

sas minto mengatakan...

thanks infonya